Pohon Jati

Teak

Mengenal tanaman jati

Siapa tak kenal nama kayu yang sudah melegenda tentang kualitasnya ini? Kayu jati berasal dari pohon jati yang memiliki ukuran yang besar, yang bisa tumbuh hingga ketinggian 30-40 meter. Pohon ini juga merupakan salah satu jenis pohon yang tingkat pertumbuhannya lambat dan rendah, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu pohon jati hingga dapat dimanfaatkan kayunya. Pohon ini merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan kayu dengan kualitas yang luar biasa dan sudah terkenal di seluruh dunia. Banyak sekali barang-barang yang terbuat dari kayu jati memiliki daya tahan yang sangat lama.

Karakteristik Jati

Jati dikenal dunia dengan nama teak (bahasa Inggris). Nama ini berasal dari kata thekku (തേക്ക്) dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Nama ilmiah jati adalah Tectona grandis L.f.

Pohon Jati biasanyatumbuh  di daerah dengan curah hujan 1 500 – 2 000 mm pertahun dan suhu 27 – 36 °C baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tempat yang paling baik untuk pertumbuhan jati adalah tanah dengan pH 4.5 – 7 dan tidak dibanjiri dengan air.

Berikut ini adalah ciri-ciri dan sifat utama dari kayu jati :

  • Memiliki kekuatan dan keawetan yang sangat baik
  • Berwarna coklat muda hingga coklat tua
  • Mudah dipotong – potong dan mudah diolah menjadi banyak produk
  • tidak mudah berubah bentuk akibat perubahan cuaca.
  • Memiliki bobot yang berat dan kokoh
  • Daunya besar, akan tetapi akan gugur atau rontok di musim kemarau.

Penyebaran

Tanaman Jati menyebar luas mulai dari India, Myanmar, Thailand, Indonesia, sampai ke Jawa. Menurut sejumlah ahli botani, tanaman jati merupakan spesies asli di Myanmar, yang kemudian menyebar luas ke Semenanjung India, Thailand, Filipina, dan Indonesia.

Namun saat ini sekitar 70% kebutuhan jati dunia pada saat ini dipasok oleh Myanmar. Sisa kebutuhan itu dipasok oleh India, Thailand, Indonesia, Srilangka, dan Vietnam. Namun, pasokan dunia dari hutan jati alami satu-satunya berasal dari Myanmar.

Kegunaan Tanaman Jati

Kayu jati merupakan kayu kelas wahid dikenal karena kekuatan, keawetan dan keindahannya. Meskipun keras dan kuat, kayu jati mudah dipotong dan dikerjakan, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan dasar pembuatan furniture dan ukir-ukiran.

Dengan kehalusan tekstur dan keindahan warna kayunya, jati digolongkan sebagai kayu mewah. Oleh karena itu, jati banyak diolah menjadi mebel taman, mebel interior, dan kerajinan ukiran yang berkelas.

Sekalipun relatif mudah diolah, jati terkenal sangat kuat dan awet, serta tidak mudah berubah bentuk oleh perubahan cuaca.

Sesuai dengan sifatnya yang kuat, keras, tahan lama dan tidak mudah mengalami perubahan bentuk, maka kayu jati kebanyakan dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan, berikut ini :

  • Meubel dan furniture – Sifat kayu jati yang mudah dipotong-potong dan diolah, membuat kayu jati sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan meubel dan furniture yang berukir.
  • Dekorasi outdoor – Hal ini disebabkan oleh kualitas kayu jati yang tidak mudah berubah walaupun terus-terusan diterpa hujan atau panas.
  • parket atau lapisan penutup lantai – Sifat kayu jati yang kuat sangat cocok untuk dijadikan parket/ pelapis lantai ditambah lagi tekstur dan keindahan warna kayunya menambah nilai estetikanya.
  • Ukiran/ patung – kayu jati sangat cocok untuk jadi bahan dasar pembuatan patung dikarenakan kayu jati mudah dipotong/ diukir sedemikian rupa tetapi tetap awet, serta tidak mudah berubah bentuk.
  • Sebagai tiang kontruksi / pondasi rumah khususnya rumah.
  • Bahan dasar kontruksi kapal laut ataupun bantalan rel kereta api dan lainnya.